renungi akhir tahun, sambut 2020

53 Pembaca

Renungan akhir tahun sambut 2020

 

Hari berganti hari, tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun. 2019 akan segera meninggalkan kita, tidak lama lagi kita akan di sambut tahun baru 2020. Satu tahun lamanya 2019 menuju 2020, namun pernahkah selama itu kita bertanya pada diri sendiri apa tujuan kita hidup di dunia, apa yang telah kita perbuat di dunia, dan kapankah ajal akan tiba. Maka dari itu tidak afdhol jika aktifitas kehidupan kita dijalani tanpa mendekatkan diri kepada Allah SWT.. Ingatlah akan hakikat bahwa manusia merupakan hamba Allah, sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Az-Zaariyat ayat 56: ” dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”.

Waktu hidup yang diberikan oleh Allah SWT. Hingga saat ini, merupakan nikmat yang harus kita syukuri dengan bentuk meningkatkan takwa kepada-Nya. Tahun yang kian berganti menandakan bahwa berkurangnya umur dunia. Lalu bekal apa yang hendak dibawa, apa yang sudah di persiapkan. Maka itu menjadi renungan bagi setiap manusia yang menumpang di bumi. Hari kemarin merupakan pengajaran bagi kita yang tidak mungkin dapat kita ulang kembali. Maka introspeksi hari kemarin lalu di benahi dihari yang akan datang. Sebagaimana dalam hadits dari Abu Hurairah ra, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘diantara (tanda) baiknya Islam seseorang ialah meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya’ “. (HR. At-Tirmidzi)

Sambutlah tahun baru 2020 dengan memulai kembali menghiasi hidup dengan hal bermanfaat, tahun baru diiringi jiwa yang baru pula. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini, dan tahun 2020 harus lebih baik dari tahun 2019 agar kita menjadi orang yang beruntung. Semoga Allah SWT. Senantiasa merahmati kita. Aamiin

Leave a Comment