873 Pembaca

SEJARAH IMPI

Ikatan Mahasiswa PGMI Se-Indonesia (IMPI) adalah organisasi kemahasiswaan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah terbesar dari sabang sampai marauke sekaligus sebagai wadah aspirasi mahasiswa maupun alumni PGMI.
IMPI berdiri pada tanggal 16 November 2014 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Berdirinya IMPI diprakarsai oleh 9 PTAI (Perguruan Tinggi Agama Islam) yang ada di Indonesia. Sembilan perguruan tinggi itu adalah UIN Arraniry Banda Aceh, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Giri Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Antasari Banjarmasin.
Para pendiri IMPI berusaha mendirikan organisasi nasional ini karena mereka merasa resah akan nasib lulusan PGMI kedepannya. Selain itu, mereka juga memiliki tujuan guna membangun komunikasi, silaturrahmi dan kerja sama yang produktif didalam PGMI yang berasaskan pada kekeluargaan dengan bermusyawarah. IMPI juga diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam perbaikan terhadap pola pendidikan yang ada di Indonesia. Tentu perlu keselarasan dalam mewujudkan tujuan luhur ini. Maka dibutuhkan mind set, advokasi dan kebijakan yang positif.
Di usia ke 5, IMPI dapat merangkul mahasiswa dan alumni PGMI dari berbagai wilayah. Wilayah 1 (pulau Sumatra), wilayah 2 (Jakarta dan Jawa Barat), wilayah 3 (Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara, wilayah 4 (Kalimantan, Sulawesi, Papua).