Pahitnya Ketidaksetaraan S1-PGMI dan S1-PGSD

3.794 Pembaca

Hari ini, kami kembali dikecewakan karena ketidaksetaraan antara jurusan S1-PGMI dan S1-PGSD. Ratusan alumni PGMI menelan pil pahit melihat hasil pengumuman seleksi administrasi CPNS 2019 yang dinyatakan gagal karena tidak memenuhi kualifikasi lulusan. Ada lagi ratusan lainnya yang memilih tidak mendaftar karena tidak ada kualifikasi PGMI di dalamnya.

Ini bukan masalah baru bagi lulusan PGMI dan beberapa jurusan lainnya. Khusus PGMI, sejak 2012 lalu, masalah ini menjadi pembahasan serius di IMPI (Ikatan Mahasiswa PGMI se-Indonesia), tentunya di Prodi itu sendiri juga. Berbagai cara, desakan dan usulan digaungkan, beberapa daerah telah menyetarakannya. Hanya saja, banyak yang masih belum, seperti di Sumsel, hanya kabupaten Musi Rawas yang sudah menerima PGMI sama dengan PGSD.

Cpns 2019
Cpns 2019

Lalu, apa artinya PGMI tidak mendapat formasi CPNS tahun ini?
Bukan begitu, formasi itu ada hanya saja terbatas pada lingkup KEMENAG, itupun PGSD diperbolehkan mendaftar di KEMENAG karena PGSD setara dengan PGMI. Hal demikian membuat peluang menjadi bagian dari ASN 2019 semakin tipis mengingat persaingan yang begitu ketat.

Cpns 2019

Tahun 2018 lalu, KEMENAG telah mengeluarkan SK Penyetaraan Jurusan PGMI dan PGSD. Lalu, 18 November 2019 KEMENAG juga mengirimkan kembali surat yang menyatakan penyetaraan PGMI dan PGSD agar diberlakukan sama dalam hal penerimaan CPNS 2019. Nyatanya, hari ini masih saja ada ketidaklulusan disebabkan tidak setaranya kedua jurusan ini.

Ntah dimana masalahnya birokrasi negeri ini. Bisa jadi surat KEMENAG di pusat tidak sampai kepada daerah atau memang minimnya koordinasi pusat dan daerah atas banyak informasi penting seperti ini.

Beberapa waktu lalu, diskusi bersama para senior terkait ketidaksetaraan PGMI dan PGSD pada seleksi CPNS beberapa tahun terakhir. Salah satu kabupaten mengakui ketidaktahuannya atas setaranya PGMI dan PGSD. Sehingga saat mengajukan persyaratan seleksi CPNS 2019 pihaknya tidak memasukkan PGMI sebagai lulusan yang setara dengan PGSD.

Hasil pengumuman cpns 2019

Sementara, menurut sepengetahuan saya, jalur pengajuan formasi CPNS itu dimulai dari daerah mengajukan formasi CPNS apa saja yang dibutuhkan lengkap beserta kriteria dan persyaratan kepada PANRB, lalu PANRB melakukan proses seleksi berdasarkan permintaan dari daerah. Nah, masalahnya jika daerah ‘belum tahu’ bahwa PGMI=PGSD maka dipersyaratan hanya akan tertulis ‘lulusan PGSD’ bukan ‘Lulusan PGSD/PGMI’. Lewat tulisan ini menjadi salah satu ikhtiar saya agar yang berkepentingan ‘tahu’ bahwa PGMI dan PGSD itu setara dan telah disetarakan secara resmi oleh KEMENAG.

Duhai Bapak/Ibu para pemangku kebijakan, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang mungkin dibutuhkan untuk diketahui bersama, bahwa PGMI=PGSD. Meski mungkin tulisan ini terlambat, setidaknya semoga di masa sanggah ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi yang diatas untuk melaksanakan amanat UU No 5 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan dan Kebijakan Manajemen ASN Berdasarkan pada Asas Non Diskriminatif dan Memenuhi Aspek Keadilan dan Kesetaraan.

Eka Hardiyanti, M.Pd.
Ketua DK IMPI 2017-2019

Leave a Comment