150 Pembaca

Disedu dari buku karya Prof. H.A.R Tilaar “Membenahi Pendidikan Nasional”

-Kian hari kian terkikis, pengabdian dan pengorbanan tak lagi dihiraukan.

Berbicara pendidikan tentunya tidak bisa terlepas dari yang namanya pendidik, dalam artian ini adalah guru.

Sadarkah kita sebagai calon seorang guru, permasalahan yang kita hadapi kian besar dan menggunung. Mulai dari titik fokus pendidikan yang kian kabur, gerakan perbaikan pendidikan yang kian mengubur dan kinerja suksesi pendidikan yang tak lagi bisa diukur.

Abad 21 menjadi Boomerang yang siap menghantam apabila persiapan tak ditopang dengan kemampuan dan kemapanan pendidikan. Bisa kita akui bersama, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tak bisa dipungkiri memang sangat berdampak pada dunia pendidikan, bahkan mampu mempengaruhi setiap sudut pendidikan.

Angin segar 21 bisa menjadi angin yang siap membekukan pendidikan, bukan bermaksud menakut-nakuti, sekedar mengungingkan lampu pendidikan. Arus informasi yang tak lagi bisa dibendung mewajibkan kita semua sebagai calon pendidik untuk menaikkan status menjadi siaga dalam menghadapi disrupsi pendidikan.

Seharusnya sudah kita persiapkan bersama sebagai calon pendidik, bahwa 3 tanggung jawab yang kita emban besok haruslah sudah matang. Tanggung jawab dalam bidang profesi, dalam bidang kemanusiaan, dalam bidang kemasyarakatan merupakan 3 tanggung jawab yang besar, dan akan mengakibatkan kegagalan pendidikan apabila tidak kita lakukan.

Abad 21 memaksa guru untuk menjadi manusia setengah dewa yang memiliki banyak kemampuan, baik dalam bidang profesi maupun tugas kewajibannya. Abad 21 juga mengharuskan guru bukan hanya menjadi robot, melainkan guru menjadi sosok profesional yang memiliki berbagai keahlian.

Guru merupakan dinamisator yang harus mampu menggerakkan anak didiknya untuk giat semangat dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu mentransmisikan pengetahuan ke anak didiknya. Guru harus mampu menjadi komunikator yang baik dan mampu mengembangkan minat ataupun bakat dari anak didiknya.

Selain berbagai kemampuan yang harus dimiliki, guru juga mengemban 3 tanggung jawab yakni dalam bidang profesi, kemanusiaan dan kemasyarakatan.

Dalam bidang profesi, guru berfungsi sebagai pengajar, pendidik dan pelatih serta bertugas untuk memperbaiki dunia pendidikan. Dalam bidang kemanusiaan guru berfungsi sebagai orang tua bagi anak didiknya dan harus bisa menjadi fasilitator untuk membantu anak didik dalam mentransformasikan segala potensinya. Dalam bidang kemasyarakatan guru memiliki tanggungjawab besar dalam upaya menyukseskan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam amanat pembukaan UUD 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa” guna bisa bersaing dengan kemajuan dunia.

Semangat calon guru
Semangat dalam memperbaiki Dunia pendidikan.

Salam…

Surabaya Selatan, 10 Oktober 2019
Mr Frungky

Leave a Comment